Beranda | Artikel
Ittiba Rasul / Mengikuti Rasul dengan Benar - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Jumat, 2 Oktober 2015

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Ittiba’ Rasul / Mengikuti Rasul dengan Benar

Ummatal Islam, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus para rasul tiada lain adalah sebagai rahmat untuk hamba-hambaNya. Dimana dengan adanya para rasul, para hamba pun mengetahui mana yang haq dan mana yang batil. Dengan adanya para rasul, kita terbimbing menuju jalan kebenaran dan kita pun diberi tahu jalan-jalan yang akan menyesatkan kita semuanya.

Rasul kita shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaksanakan amanah, mengemban risalah dengan penuh amanah dan tanggungjawab. Semua yang memasukkan ke surga telah disampaikan oleh beliau dan semua yang memasukkan ke dalam api neraka pun telah disampaikan oleh beliau. Maka dari itu kewajiban kita dalah ittiba’, yaitu mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meninggalkan ibttida’, yaitu berbuat perkara-perkara bid’ah yang diada-adakan yang tidak pernah disyariatkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dalam mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hendaknya yang pertama kita ikuti adalah beliau sendiri shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam rangka mentaati Allah Ta’ala. Karena mentaati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hakikatnya adalah menaati Allah. Allah Ta’ala berfirman:

مَّنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللّهَ

“Barangsiapa yang menta’ati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menta’ati Allah.” (QS An-Nisa [4]: 80)

Yang kedua, hendaklah kita mentaati Rasul sesuai dengan apa yang dipahami oleh para sahabat, para tabi’in, dan para ulama setelahnya. Berapa banyak sabda-sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang apabila kita perhatikan, seakan-akan bertabrakkan satu sama lainnya. Tentunya orang-orang yang mempunyai keilmuanlah yang mampu mengkompromikannya. Para sahabatlah yang paling tahu tentang bagaimana keadaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dan mengucapkannya.

Maka apabila kita mengikuti Rasul, tapi sesuai dengan ra’yu dan pemahamannya masing-masing, maka pasti umat Islam akan bercerai-berai. Maka kita wajib mengikuti Rasul sesuai dengan pemahaman para sahabat. Dan itulah yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam perintahkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا، فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّيْنَ

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16192-ittiba-rasul-mengikuti-rasul-dengan-benar-khutbah-jumat-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/